11 Agustus 2008

Moluska Berpindah

Kerang Pasifik Utara, termasuk keong dan binatang lunak lainnya, bisa mealui jalur melintasi Laut Arktik menuju Atlantik Utara jika es di lautan mencair beberapa dekade lagi, seperti yang diramalkan.

Moluska berpindah ke daerah utara saat es di Arktik mencair, sekitar 3,5 juta tahun lalu, selama masa hangat Pliocene, yang berlangsung antara 5,3 hingga 1,8 juta tahun lalu.

Rute melalui Arktik terpotong ketika suhu turun, membunuh plankton laut yang dibuuthkan moluska.

Perkiraan sekarang, Arktik akan bersih dari es sekitar tahun 2050. Pada saat itu, kondisi akan mirip dengan masa pertengahan Pliocene dan migrasi moluska akan terulang kembali.

Tumbuhan yang mengapung akan membuat Arktik seperti jalan tol dengan restoran makanan cepat saji, sehingga para moluska bisa makan sepanjang jalan dari Pasifik ke Atlantik.

Perpindahan itu sepertinya tidak membuat kawasan Pasifik menjadi sepi. Namun bisa memperkaya keanekaragaman di Atlantik Utara dengan menmbah spesies baru dan juga mungkin spesies campuran.

Bahkan, satu spesies alga yang disebut diatom, telah membuat jalur melintas pada tahun 1998.

Kini, spesies yang lebih besar akan melewatinya pada beberapa dekade lagi. Perubahan ini mungkin tidak mengakibatkan kelangkaan, namun mungkin bisa "mengucilkan" beberapa spesies tertentu.

Akibat dari perubahan ini, masih belum bisa diperkirakan. Kita hanya bisa menunggu dan melihat apa yang terjadi.

Tidak ada komentar: